Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Merawat Musang baby

TIPS JITU MERAWAT BABY MUSANG (di bawah 2 bulan)



Melihat adanya beberapa ML yg peliharaannya mati karena memelihara masih baby/ usia belum sebulan. Mudah2an ini bisa menjadi Tambahan pengetahuan untuk cara perawatan.Pendukung alat dan makanan :1). Siapkan kotak/kardus bekas tertutup tinggi ukuran 30x30x40, atau box kontainer atau apapun tempat menjaga baby tidak dapat keluar/memanjat, 2). Serbuk bekas potongan serutan kayu seperti untuk media hamster atau potongan memanjang koran bekas yang banyak. 3). Pipet tetes bekas obat anak/ spet suntik kecil uk. 1ml bisa di beli di apotik. 4). gelas minum kecil, sendok teh, kain lebar (lap serbet dapur). 5). Bubur Sun/cerelac rasa beras dan susu bayi 0-6 bulan. 6). Susu kental manis merk apa saja. 7). Multivitamin cair anak merk apa saja. 8). Minyak ikan anak jika perlu.

Persiapan kandang baby :Alas kotak dengan beberapa lembar kertas koran masukan serutan kayu ke dalam kotak hingga tebal 4 cm. jangan memakai kain karena akan menyebabkan lembab/basah. masukan si baby musang ke dalam kotak.

Pembuatan makanan :Ambil satu sendok teh cerelac/sun masukan ke dalam gelas, tambahkan susu kental manis 3-7 tetes, multivitamin 1-2 tetes, minyak ikan 1-2 tetes menggunakan pipet. tambahkan air panas/hangat secukupnya aduk hingga campuran cair (tidak kental). ini untuk porsi 1 ekor baby musang.
jika campuran di atas bermasalah khusus untuk anakan hewan yg tidak cocok susu bisa di ganti susu non lactosa di berikan murni tanpa campuran apa2 selama 1 bulan, bertahap di berikan hingga seperti campuran diatas

Pemberian makan :Ambil baby musang bungkus dengan kain serbet hingga tak dapat berontak, sedot campuran makanan dengan pipet, masukan ke dalam mulut dan tekan kepala pipet pelan-pelan /pipet suntik kecil, biasanya secara naluri baby musang akan menyedotnya sendiri. berikan sampai kita yakin dia sudah kenyang dengan melihat perutnya gendut atau tidak.Pemberian makan harus rutin di berikan setiap 3-4 jam sekali. sebanyak 4-5 x sehari.

Pemberian susu campuran ini sampai berusia 2 bulan ke atas pelan2 di selang-seling dengan makanan daging(kepala ayam,ceker hati, Df/Cf. dan telur) di blender sangat halus, lembut dan cair, seiring waktu pergantian makanan cair di dominasi oleh protein hewani, dan suwiran daging dan tambahan diet potongan buah sebagai selingan.

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan kandang dengan membuang kotoran baby yang menggumpal di serutan gergaji.

Semoga menambah pengetahuan untuk yg baru mengenal musang.TERIMA KASIH.

BY: RAY ANIMALE
Catatan : sampai saat ini 2 ekor musang yang di pelihara dari belum melek mata masih hidup dan sudah besar berusia 10 bulan. terhitung dari januari-oktober.

Post a Comment for "Tips Merawat Musang baby "