Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Kerontokan Bulu Pada Musang

Hay Para Muslov Gimana Kabarnya?? Kali ini saya akan membrikan sedikit penjelasan Penyebab Kerontokoan Bulu Pada Musang.. Gimana Penasaran?? Langsung simak dehh ilmunya :D



PENYEBAB KERONTOKAN BULU / RAMBUT PADA MUSANG #BY BOIM .
Beberapa owner musang mungkin direpotkan oleh masalah kerontokan bulu / rambut pada musang peliharaannya. Disini saya mencoba membantu sedikit penjabaran faktor penyebab kerontokan tersebut. Hairloss ialah istilah yang dipakai saat ini untuk musang yang mengalami kerontokan bulu karena beberapa sebab, kalau di dunia kucing biasa disebut ALOPECIA. 
# Kerontokan yang disebabkan oleh iklim atau suhu. Suhu ruangan dan kondisi yang panas di sekitar kandang juga mengakibatkan bulu musang rontok.
# Kerontokan karena makanan, biasanya musang memakan apa saja yang dia sukai tetapi apabila mengandung garam berlebih akan mengakibatkan kerontokan, tetapi bukan berarti semua makanan yang ada garamnya membuat rontok, apabila di berikan dengan porsi yang sedikit maka tidak akan berpengaruh dengan kesehatanya.
# Kerontokan yang disebabkan oleh fase birahi, saat musang mengalami fase ini maka biasanya musang mempunyai ketidakseimbangan hormon yang mengakibatkan bulu rontok, tetapi akan stabil pada waktu dia disaat fase normal.
# Kerontokan yang disebabkan oleh kotoran, biasanya owner lupa akan kebersihan kandang dan tubuh si musang yang terkena kotoranya sendiri dan kotoran sisa makanan yang menempel pada tubuh / bulunya. Maka sebaiknya dijaga kebersihan kandang dan tubuh musang setiap harinnya.
# Kerontokan yang disebabkan oleh jamur, biasanya akan mengalami kerontokan disekitar buntut / atau bagian tubuh yang terkena jamur; sebaiknya diberikan salep atau diberikan antiseptic buat perawatannya.
# Kerontokan yang disebabkan oleh stres, biasanya hal ini jarang terjadi pada musang tetapi beberapa waktu lalu saya melakukan riset, terdapat kerontokan pada musang yang stres karena : pindah kandang, dan adaptasi lingkungan.
# Kerontokan yang disebabkan oleh penyakit dalam, dalam kata lain musang mengalami infeksi / peradangan di dalam tubuhnya.. Biasanya terkena bakteri tertentu sampai virus
# Kerontokan yang disebabkan oleh saat hamil, menyusui dan fase pemacakan / perkawinan, hal ini suatu yang biasanya bersifat wajar disaat musang mengalami fase tersebut dan akan normal kembali secara alami.
# Kerontokan yang disebabkan oleh tungau / caplak / kutu dll.. Pengobatannya bisa diberikan suntikan khusus atau salep tertentu.. Lebih baik cek ke dr. hewan.
# Kerontokan yang disebabkan oleh fase ganti bulu, biasanya terjadi buat baby musang.
# Kerontokan yang disebabkan oleh melimpahnya hormon pada musang, bila kita perhatikan terutama pada muspan jantan diatas punggung biasanya ada seperti minyak dan punggung mengalami kerontokan. 
# Kerontokan yang disebabkan oleh usia tua, biasanya muspan tua akan mulai mengalami hairloss.
# Kerontokan yang disebabkan oleh kurangnya gizi dan nutrisi dari pakan musang yang diberikan. Berikan vitamin E dan vitamin penunjang lainya yang baik buat musang sesuai dosis yang ada, dan berikan makanan yang baik.
# Kerontokan yang disebabkan oleh shampo, yaitu tingkat keasaman / ph pada kandungan shampo tsb.
# Kerontokan yang disebabkan oleh gangguan imun tubuh si musang, dalam artian kekebalanya rentan dan tidak stabil.
# Kerontokan yang disebabkan oleh obat obatan saat dia sakit.
oke deh, silahkan dipelajari dan dipahami masalah kerontokan bulu pada musang yang terjadi saat ini  dan yang pasti berikan perawatan dan makanan yang baik buat musangnya ya, jangan lupa kasih sayang juga yang utama... Semoga bermanfaat buat semuanya di MLI .
*penulis : Boim Listyo Crusties

Sumber : Doc Musang Lovers Indonesia 

Post a Comment for "Penyebab Kerontokan Bulu Pada Musang"