Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memelihara Musang Rase

   CARA MEMELIHARA MUSANG RASE

Banyak teman teman yang merasa kesulitan ketika dia mengadopsi rase, dan rase juga terkadang susah untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan dikarenakan dia rentan mengalami kematian. Rase sebenarnya bisa kita pelihara sebagai pet yang baik dirumah, apabila kita bersabar dan telaten dalam merawatnya. Rase bisa sangat menyenangkan sebagai pet, dia mempunyai karakter yang pintar dan sangat suka berinteraksi dengan ownernya dan lingkungan tempat dia tinggal, berikut ini salah satu cara memelihara dan merawat rase dari baby sampai usia dewasa. Sebagian besar pengalaman pribadi, selebihnya info-info yang saya dpat dari teman-teman MLI yang lain.  Silakan dibaca, dipahami, dipraktikkan...

   Handling

Ketika sampai di rumah baru, reaksi rase berbeda-beda tiap individu. Jika umurnya masih di bawah 2 bulan pasti bisa langsung dihandle karena masih jinak baby.

Rase diatas 2 bulan sudah bisa defense, apalagi ditambah stress selama perjalanan. Ada yang cenderung takut, lebih memilih kabur dan sembunyi. Rase penakut bisa langsung dipegang dan digendong, tapi harus dipegang dengan benar agar tidak kabur. Sangat tidak dianjurkan memegang ekor. Dengan rase penakut, kita hanya tinggal perbanyak interaksi. Pengalaman saya, jika si rase panic saat digendong, masukkan ke dalam baju. Dia akan lebih tenang di tempat gelap, sekalian adaptasi dengan bau kita.

Ada juga yang menyerang. Untuk tipe ini bisa dilakukan pendekatan dengan menaruh tangan kita di depan kandangnya, terus sampai tidak hissing lagi. Sesekali handfeed dari luar kandang, jika sudah berani bisa handfeed dari dalam kandang dan pelan-pelan coba pegang badannya.

Kalau rase tidak tenang di dalam kandang, ingin keluar,biarkan dia keluar. Tapi harus di dalam ruangan tertutup supaya tidak kabur terlalu jauh. Biasanya rase akan mengeksplor wilayah sekitarnya, mengendus barang-barang, dan menandai tempat dengan menggesekkan bokong ke tembok, pintu, dll. Saat itu rase mengeluarkan cairan berbau khas bandot dari kelenjar dekat anusnya. Selama rase menjelajahi ruangan, jangan buat gerakan tiba-tiba dan jangan panic kalau dia mengendus badan Anda. Bisa pancing dengan makanan agar dia mendekat. Ketika mau memasukkan lagi ke kandang, ambil pelan-pelan dan usahakan tidak menarik ekornya. Menjinakkan rase butuh kesabaran.

Dalam handling rase baru, jangan lupa ajak dia main. Rase senang mengejar tali dan kain yang digerak-gerakkan. Ketika rase sudah lebih percaya pada kita, dia akan mulai mengejar kaki saat berjalan. Cara bermain rase terbilang lebih kasar dibandingkan musang lain :)

  Makanan


0-1 : full susu. Susunya bubuk vanilla, disepet pakai dot kecil untuk hewan, atau suntikan yg jarumnya diganti pentil ban sepeda dan dilubangi. Pemberian susu yang baik setiap 4 jam sekali secukupnya. Pada umur 0-2 minggu belum ada pup dan pee sama sekali, umur 2 mingguan baru mulai pee.

1,5-2: makanan halus (ati ayam, telur, cat food, dog food, dihaluskan) campurkan sedikit ke susunya, secara bertahap ditambah takarannya. Umur 2 bulan mulai bisa makan sendiri.

2,5-3: Perkenalan makanan bertekstur, untuk melatih rahang dan gigi (ceker, kepala ayam, telur, ati. Dipotong kecil-kecil supaya mudah dikunyah. Bisa dicampur nasi). Untuk snack atau cemilannya buah (pisang, papaya, kurma, dll) dan serangga (jangkrik, cacing, capung, ulat hongkong, dll).

Kebanyakan orang mengadopsi rase yang berusia 2-3 bulan karena termasuk mudah untuk menjinakkannya dan tidak terlalu repot perawatannya. Namun sayang banyak seller yang sembarangan memberi makan rase hanya dengan buah-buahan, sehingga si rase tidak suka makanan yang mengandung unsure hewani. Padahal ini adalah masa pertumbuhan, rase butuh gizi yang banyak. Jika diteruskan memberi makan rase hanya dengan buah, pertumbuhannya akan terhambat bahkan bisa mati.

Salah satu cara membuat rase mau makan daging yang saya dapat dari Om Ray Animale adalah dengan metode puasa. Jangan kasih makan sama sekali selama seharian, cukup sediakan minum. Setelah sehari, baru kasih makan sesuai yang seharusnya. Teorinya adalah karena lapar, si rase akan makan apa saja yang disediakan.

4-dewasa: Semua bagian ayam-termasuk telurnya, cat food/dog food basah/kering, ikan. Bisa campur nasi. Sesekali boleh diberi makanan hidup (tikus putih, burung, anak ayam, bebek, dll).

Memberi makanan hidup tidak akan membuat mereka jadi galak. jinak/galaknya hewan tergantung perlakuan kita terhadap mereka, apalagi jika sudah dipelihara dari kecil. Jadi, jangan takut untuk mencobanya. Sekalian melatih rase nangkap tikus di rumah. Juga kalau suatu hari ingin merilisnya ke alam liar, si rase bisa bertahan hidup :)

Selalu sediakan air bersih untuk minum.

Perilaku

Musang rase aktif pada pagi dan malam hari. Mereka hewan yang energik dan lincah, karenanya disarankan lebih diperbanyak waktu free room agar si rase bisa bermain dan berlarian dengan bebas dan mengurangi stress di dalam kandang. Setelah lelah bermain biasanya rase mencari tempat tidur yang gelap dan tersembunyi, kita sebagai owner harus teliti mencarinya. Hati-hati juga saat free room di malam hari, mereka sering ingin ngelayap ke luar rumah. Jangan sampai lepas dari pengawasan. Dan sebaiknya dipakaikan kalung sebagai pengenal agar jika sudah terlanjur keluar, orang akan tahu bahwa itu rase piaraan. Menurut pengalaman saya, rase akan kembali ke rumah sekitar jam subuh.

Sedangkan di siang hari, rase pemalu dan senang menyusup ke tempat-tempat sempit dan gelap karena mereka merasa nyaman di sana. Hal ini menjadi semacam kekurangan dibandingkan musang-musang lainnya, karena rase tidak nyaman dan takut berada di keramaian sehingga agak sulit diajak gathering. Bisa dilatih untuk terbiasa, asal dilakukan sejak kecil dan secara rutin, kalau perlu setiap hari. Ajak dia jalan-jalan ke luar rumah. Dalam hal buang air, rase seperti kucing, akan kembali ke tempat yang sama. Jadi ketika sedang free room, sediakan wadah untuk pup dan pee nya.

Secara alaminya rase bisa berenang, namun tetap harus diajari untuk suka air. Mandikan rase secukupnya. Rase senang berjemur di bawah matahari pagi, mungkin untuk menghangatkan tubuh. Ketika di free rom rase suka berjemur dengan sendirinya selama kurang lebih 10 menit.

Kalau rase mendadak lemas dan tidak mau makan, segera lakukan pertolongan pertama di rumah. Yang umum adalah memberikan madu atau norit yang digerus dan diseduh dengan air kelapa. Jika dalam 1 hari 1 malam belum ada perubahan, bawalah ke dokter hewan.

Selama ini perawatan rase-rase saya si Milo dan Chikal cukup sederhana, tidak berbeda jauh dengan memelihara kucing kampung. Yang penting si rase senang mendapat gizi yang cukup :) Terima kasih untuk yang sudah membantu saya dalam merawat Milo Chikal.

Sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman MLI. Mohon maaf apabila ada kekurangan dalam penulisannya.

PENULIS : Chairunnisa Rachmanindya / Nia
Di ACC. : Boimlistyocrusties

Post a Comment for "Cara Memelihara Musang Rase"