Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Refrensi MALAGASY CIVET

  Selamat Malam . Berjumpa lagi di blog kami yang sederhana ini. Oke Langsung aja, Kali ini kami akan ngeShare Tentang apa itu MALAGASY CIVET.

- Apa Malagasy civet itu ?
- Dari manakah mereka berasal (locality mana) ?
- Bentuknya yang kayak gimana sih ?
Jadi gini, Malagasy civet ini berasal atau endemik asli Madagaskar, bersama Fossa dll. Malagasy civet masuk dalam bangsa "kucing kucingan" atau Feliformia, bersama musang, garangan, hyena, dll. Malagasy civet bernama ilmiah Fossa fossana. Bedanya dengan Fossa (hewan) ? Fossa sendiri bernama ilmiah Cryptoprocta ferox. Malagasy civet ini satu family / keluarga dengan Fossa dan beberapa jenis "mongooses" di luar family Herpestidae, melainkan family Eupleridae. Berbeda dengan beberapa mongooses yang satu family dengannya, Malagasy civet ialah hewan nocturnal / hewan yang aktif di malam hari.
Dulu, Malagasy civet ini dikelompokkan dalam subfamily Hemigalinae (di keluarga musang / Viverridae) bersama Banded civet, Owston's civet, Otter civet, dan Hose's civet. Namun karena dirasa kurang tepat, akhirnya berdiri sendiri subfamily Fossinae yang waktu itu masih satu keluarga dengan musang yang lain. Dan penelitian terakhir, Malagasy civet

akhirnya dikelompokkan dalam kategori lain yang tidak satu keluarga dengan musang, mereka dikelompokkan satu family dengan Fossa dll di family Eupleridae, subfamily Euplerinae, genus Fossa. Jadi Malagasy civet pun meskipun sudah tidak satu family dengan musang musang yang lain tetap ada julukan "civet", karena memiliki persamaan dan kemiripan dengan beberapa jenis musang, di antaranya Rase (Viverricula indica) dan Tenggalung (Viverra tangalunga) yang menyerupai rubah / serigala kecil. Dari sini kita tahu bahwa pastinya nanti ada yang berubah dari struktur taksonomi yang ada sekarang ini, karena penelitian akan terus berjalan hingga menemukan "yang tervalid dari yang valid valid".
Mungkin ada yang penasaran dengan penampakan, kebiasaan, lingkungan dll, bisa langsung buka Wikipedia Bahasa Inggris dengan keyword "Malagasy civet".
Makasih karena udah mengganggu aktivitasnya, maaf juga sekiranya ada yang kurang berkenan atau dirasa salah, mohon dikoreksi dan direvisi, serta kurang lebihnya mohon dimaklumi. Selamat malam, semoga membawa berkah dan ilmu bagi semuanya. Aamiin.

Sumber : Musang Lovers Indonesia ( MLI )

Post a Comment for "Refrensi MALAGASY CIVET"